PPN 11%, Update e-Faktur ke Versi 3.2? Ini Panduan dari Ditjen Pajak

PPN 11%, Update e-Faktur ke Versi 3.2? Ini Panduan dari Ditjen Pajak Harri Razali Tax Consuting - Konsultan Pajak Jakarta

JAKARTA, DDTCNews – Ditjen Pajak (DJP) sudah menyediakan patch aplikasi e-faktur versi 3.2 yang sudah mengakomodasi kenaikan tarif pajak pertambahan nilai (PPN).

Sesuai dengan perubahan UU PPN pada UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP), tarif PPN naik dari 10% menjadi 11% mulai 11 April 2022. Sejalan dengan kebijakan tersebut, DJP melakukan pembaruan e-faktur.

“Sehubungan dengan perubahan tarif PPN, silahkan mengunduh pembaruan aplikasi e-faktur terbaru, yakni versi 3.2, yang disediakan melalui halaman http://efaktur.pajak.go.id/aplikasi,” cuit akun Twitter @kring_pajak merespons pertanyaan warganet, Jumat (1/4/2022).

DJP memberikan panduan update aplikasi e-faktur dari versi 3.0 atau 3.1. berikut tahapan langkah yang bisa dilakukan.

1.  Rename folder e-faktur lama, tambahkan “_old” misalnya.

2.  Download dan extract e-faktur 3.2. pastikan folder terpisah dan tidak menimpali folder e-faktur lama. Berikan nama tambahan, misalnya “_v3.2”.

3.  Copy folder “db” pada e-faktur lama dan pindahkan ke folder e-faktur baru yang telah ter-extract.

4.  Jalankan mem_config.bat dan ketikkan jumlah RAM. Jumlah yang disarankan adalah total RAM yang dimiliki pada komputer dikurangi 2-3 GB.

Contoh : jika memiliki 4GB maka RAM yang diberikan adalah 2000, atau bila memiliki 8GB maka RAM yang diberikan 6000.

Setelah memasukkan jumlah RAM, tekan tombol Enter, ketik N, lalu tekan tombol Enter kembali untuk menutup mem_config.bat.

5.  Jalankan EtaxlnvoiceUpd.exe pada folder e-faktur baru, tunggu prosesnya selesai.

6.  Setelah selesai, rename EtaxlnvoiceUpd.exe menjadi EtaxlnvoiceUpd_OLD.exe.

7.  Jalankan Etaxlnvoice.exe seperti biasa.

8.  Import kembali sertifikat elektronik yang berlaku.

Sebelumnya, DJP mengatakan penggunaan tarif PPN sebesar 10% atau 11% tergantung pada waktu saat terutang pajak. Jika saat terutang PPN pada Maret, tarif PPN yang digunakan sebesar 10%. Sementara jika saat terutangnya pada April, tarif PPN yang digunakan sebesar 11%.

“Terkait tarif di aplikasi PPN,...apabila tanggal FP (faktur pajak) dibuat adalah sebelum masa April 2022 maka seharusnya tarif akan tetap 10%,” imbuh @kring_pajak.